Spirit of Beyond News adalah blog berita yang mengambil berita dari beberapa situs berita online, baik itu situs berita Islam maupun situs berita umum, seluruh isi posting di luar tangggung jawab redaksi

PASAR ANDROID

PASAR ANDROID
Kunjungilah Pasar Android, tempat download aplikasi android premium berbayar dengan Gratis

Download Terkini

Download Terkini
Adobe Presenter 7.0.7 Full Keygen, aplikasi memperindah dan mempercantik tampilan slide Powerpoint

Berita Terdahulu

Senin, 22 Agustus 2011

TIPS MUDIK BERSEPEDA MOTOR ALA SPIRIT OF BEYOND, BAGI PEMULA, INSYA ALLAH AMAN

Mudik adalah tradisi setiap tahun menjelang hari raya Idul Fitri, para penduduk kampung yang merantau, bekerja dan tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta umumnya akan pulang kampung secara bersamaan untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung. Banyak juga para pemudik yang menggunakan transportasi sepeda motor sebagai kendaraan mudik, selain praktis juga tak repot ngantri tiket moda transportasi umum lain.
Berikut adalah tips mudik pakai sepeda motor terutama bagi pemula ( yang baru pertama mau mudik pake motor ) ala Spirit of Beyond, baca dan cermati sebelum mudik.

Pahami Sepeda Motor Anda
Tahu Valentino Rossi kan???, hah enggak??, tahu tukang siomay depan gang gak???,nah tukang siomay depan gang sama Valentino Rossi itu lain. Valentino Rossi adalah pembalap Moto GP tersukses dalam karir balapnya, dia legenda hidup balap motor bergengsi itu, sejak tahun 2000-2009 sudah 7 kali gelar juara dunia ia raih.
Apa rahasia si Mbah Rossi bisa sesukses itu??, salah satunya adalah memahami tunggangannya. Dia mencoba seolah mengerti apa keluhan sepeda motornya, mana yang harus diperbaiki, mana yang harus disetting ulang, mana yang harus diservis, kalau bannya bocor jangan tambal sembarangan.
Sepeda motor khususnya motor bebek adalah kendaraan yang didesain untuk keperluan perjalanan jarak dekat dan sedang, bukan untuk jarak jauh, jadi sebelum pemudik melakukan mudik dengan sepeda motor sebaiknya memahami hal ini dahulu, sehingga tahu apa yang akan dilakukan. Coba lihat apa kekurangan pada sepeda motor anda, kendarai sebentar dengan kecepatan rendah, apa ada yang aneh dengan suara mesin, performa motor ketika ditarik gasnya, dengarkan suara mesinnya, lampu-lampu, rem dan kopling ( bagi yang koplingnya manual ). Jangan bebani motor anda dengan beban yang berlebihan.

Servis Ulang, Dan Lengkap
Setelah memahami kendaraan kita, maka datangi bengkel, servis ulang , periksa semua yang ada di sepeda motor meliputi komponennya, ban gundul ganti dengan yang baru, oli walaupun belum saatnya ganti, ganti saja, keluar uang yah gak papa demi keselamatan kita kan.

Siapkan Fisik
Sebelum mudik ada baiknya menyiapkan fisik minimal dua hari sebelum mudik, jogging sebentar di pagi hari selepas subuh bagus untuk meningkatkan stamina, makan makanan bergizi dan imunisasi, kalau fisik gak memungkinkan jangan memaksakan mudik pakai sepeda motor.
Memang beberapa pendapat ulama mengatakan bahwa mudik boleh tidak berpuasa asal menggantinya di hari lain, namun bagi yang tetap ingin puasa, perhatikan juga makanan ketika buka dan sahur sebelum mudik, perbanyak makan sayuran segar dan buah, serta minum air, agar tidak dehidrasi. Sebelum mudik ada baiknya minum suplemen multivitamin, jangan makan banyak gorengan dan makanan berlemak, itu hanya akan menurunkan stamina dan konsentrasi, dan sangat berbahaya di jalan.

Istirahat Tiap Satu Jam Sekali.
Punya HP kan, coba seting dan aktifkan alarm yang akan bergetar tiap satu jam sebelum berangkat mudik. Istirahatlah setiap satu jam perjalanan, biarlah terlambat asal selamat, lagian ngapain juga cepat-cepat,toh gak ada yang ngejar. Usahakan istirahat bisa tidur barang sebentar sekitar 5 menit, ini cukup merecharge tenaga anda, sehingga bisa jalan lagi.
Ingat tips pertama pahami sepeda motor anda, dinginkan dulu tuh mesin gak usah dipaksa lari aja.

Gak Usah Ngebut
Ingat tujuan kita mudik bukan balapan, mending telat asal selamat daripada ngebut ke rumah sakit atau ke kuburan, hati-hatilah, tak usah gengsi atau panas ketika di salip orang.

Bawa Penumpang Maksimal 2 Orang ( Keluarga Ayah, Ibu, 1 Anak Kecil )
Ini kesalahan fatal pemudik sepeda motor, membawa sekeluarga naik sepeda motor kecil, ingat tips di atas, pahami sepeda motor anda???, motor juga punya perasaan, atau motor juga manusia,lhoo ini ngaco.
Sepeda motor didesain hanya untuk dua penumpang tidak lebih agar tidak mengganggu keseimbangannya. Jangan memaksakan irit malah akhirnya boros untuk biaya rumah sakit, atau malah nyawa melayang.

Bawa Kelengkapan Sepeda Motor
Ini yang terakhir. Helm, jaket, sepatu, SIM STNK, spion wajib ada dan dibawa, ingat mudik pakai sepatu yah jangan sandal, agar lebih sehat dan tak masuk angin dijalan, juga lebih aman buat kaki anda. Helm juga dipakai tuh di kepala, jangan ditaruh di dengkul, otak kita di kepala bukan di dengkul.

Yah demikian tips mudik dari Spirit of Beyond, Insya Allah aman, dan selamat dan mampu meminimalisir angka kecelakaan di jalan,  jika tak mampu memenuhi salah satu tips di atas mending gak usah mudik pakai motor, sudah banyak kecelakaan yang terjadi.

SEMOGA BERMANFAAT

0 komentar:

About Me

New in Spirit Of Beyond

New in Spirit Of Beyond
PAHAM LIBERAL, “PENYERU RAHMAT ADALAH KEPARAT “

Sains and Tech

Sains and Tech
"Smartphone Nokia Terlalu Mahal"

DONASI UNTUK SPIRIT OF BEYOND

DONASI UNTUK SPIRIT OF BEYOND
Cukup klik gambar di atas, anda akan masuk ke situs adf.ly, tunggu 5 detik lalu klik tulisan Skip AD di kanan atas, Tak perlu transfer uang, Gratis

Fans Facebook