Spirit of Beyond News adalah blog berita yang mengambil berita dari beberapa situs berita online, baik itu situs berita Islam maupun situs berita umum, seluruh isi posting di luar tangggung jawab redaksi

PASAR ANDROID

PASAR ANDROID
Kunjungilah Pasar Android, tempat download aplikasi android premium berbayar dengan Gratis

Download Terkini

Download Terkini
Adobe Presenter 7.0.7 Full Keygen, aplikasi memperindah dan mempercantik tampilan slide Powerpoint

Berita Terdahulu

Jumat, 15 April 2011

Dubes Somalia: Para ABK Akan Selamat

"Jika terjadi apa-apa dengan ABK, mereka takut tidak mendapat duit," ujar Barow.
Denny Armandhanu
VIVAnews.com - Warga negara Indonesia yang ditawan oleh perompak Somalia kemungkinan besar akan kembali dengan selamat. Mereka tidak akan terluka maupun kekurangan makanan, karena mereka adalah aset berharga bagi para perompak.

Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Somalia untuk Indonesia, Muhamud Olow Barow, di kediamannya di Jakarta, Jumat, 15 April 2011. Dia mengatakan bahwa dari kasus-kasus penyanderaan sebelumnya hampir semua sandera bebas dalam keadaan selamat, tentu saja setelah pemilik kapal membayar tebusan.

"Berdasarkan pengalaman kami sejak tahun 2008 sampai sekarang, semua sandera berhasil diselamatkan dalam keadaan sehat walafiat," ujarnya.

Dia mencontohkan penyanderaan anak buah kapal (ABK) di kapal berbendera Taiwan yang telah disandera selama 10 bulan pada 2009 lalu. Setelah ditebus, mereka dibebaskan dan semua ABK dalam keadaan sehat.

Sebelumnya, tersiar kabar kesehatan para ABK menurun. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya makanan dan minuman di dalam kapal. Para ABK juga dikatakan hanya makan satu kali sehari setiap harinya.

Barow membantah hal ini, dia mengatakan bahwa para mafia pasti menjaga agar para ABK tidak kelaparan selama ditawan.

"Itu tidak benar, mereka tahu cara beri makan para ABK," ujarnya.

Barow menegaskan bahwa yang diincar oleh para perompak adalah uang, bukan nyawa. Jadi, jika terjadi sesuatu dengan para tawanan, malah justru akan membuat para perompak merugi.

"Jika terjadi apa-apa dengan ABK, mereka takut tidak mendapat duit. Ini adalah kepentingan nomor satu dari para perompak," kata Barow.

Barow menjelaskan bahwa para perompak didukung oleh kekuatan mafia internasional. Para mafia ini berkepentingan untuk menjaga keselamatan para ABK. Dia mengatakan bahwa jika ditebus, sebanyak 70 persen dari keuntungannya akan jatuh ke tangan para mafia ini.

"Mafia inilah yang memberikan informasi seputar kapal kargo yang akan lewat dan memberikan fasilitas GPS kepada para perompak," ujar Barow seraya mengatakan bahwa terkadang para mafia juga terlibat dalam proses negosiasi. (eh)

• VIVAnews

0 komentar:

About Me

New in Spirit Of Beyond

New in Spirit Of Beyond
PAHAM LIBERAL, “PENYERU RAHMAT ADALAH KEPARAT “

Sains and Tech

Sains and Tech
"Smartphone Nokia Terlalu Mahal"

DONASI UNTUK SPIRIT OF BEYOND

DONASI UNTUK SPIRIT OF BEYOND
Cukup klik gambar di atas, anda akan masuk ke situs adf.ly, tunggu 5 detik lalu klik tulisan Skip AD di kanan atas, Tak perlu transfer uang, Gratis

Fans Facebook