Spirit of Beyond News adalah blog berita yang mengambil berita dari beberapa situs berita online, baik itu situs berita Islam maupun situs berita umum, seluruh isi posting di luar tangggung jawab redaksi
Jumat, 11 Februari 2011

AWAS OLAHRAGA MALAM HARI, TIDAK SEHAT DAN BISA BERAKIBAT FATAL



Ada ungkapan bahwa olahraga di malam hari bukannya mencari sehat tetapi mencari penyakit, ungkapan ini absolutely right, atau benar sekali. Bagi kalian yang suka berolahraga di malam hari entah itu futsal, badminton atau yang lainnya sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk itu, kenapa ???, selain justru merusak kesehatan karena aktivitas fisik yang berlebihan juga bisa berakibat fatal.

Sebagai contohnya adalah artis dan politisi Aji Masaid, yang meninggal dunia setelah terkena serangan jantung mendadak pada jam 1.30 dini hari, setelah dia bermain futsal pada malam itu.

TINJAUAN MEDIS
Menurut dokter spesialis kesehatan olahraga, Michel Triangto Sp KO, mayoritas kasus kematian setelah berolahraga terjadi akibat serangan jantung, gangguan pembuluh darah, dan stroke. “Semua olahraga memang bisa menimbulkan risiko menciptakan bahaya,” ujar Michel. 

Michel mengatakan kemungkinan kasus kematian usai berolahraga terjadi karena orang tersebut tidak mengetahui batas kemampuan fisiknya.

Kita semua tahu bahwa yang namanya waktu malam hari adalah waktu dimana tubuh harus beristirahat setelah aktivitas seharian, Artinya berolahraga ketika malam hari justru dapat menyebabkan kelelahan fisik yang amat sangat, bahkan kelelahan jantung, dan dapat berakibat fatal, bahkan kematian. Karena kita memaksakan kondisi fisik yang seharusnya sudah harus down  untuk berolahraga, selain itu karena tubuh lembab karena keringat pada malam hari dapat menyebabkan masuk angin yang berakibat menurunnya daya tahan tubuh terhadap penyakit.

TIPS OLAHRAGA YANG BENAR
1.     Tidak usah memaksakan diri untuk berolahraga, agar perut langsing, sispect dan sebagainya, olahraga lah yang biasa dan teratur.

2.     Waktu paling baik untuk olahraga adalah pagi hari, ketika udara masih segar, dan matahari baru saja terbit.

3.     Untuk orang super sibuk, sempatkan waktu di pagi hari untuk melakukan olahraga ringan, seperti joging jarak dekat yang tidak memerlukan waktu lama.

4.     Untuk anak sekolah dan kuliah, gunakan sepeda ke sekolah/ kampus jika memang jarak rumah ke sekolah/ kampus tidak terlalu jauh.

5.     Jika olahraga sore maka lakukan setelah jam 2 siang dan berhentilah sebelum jam 5 sore.
6.     Lakukan joging atau lari-lari kecil di pagi hari minimal 1 kilometer setiap seminggu sekali.

0 komentar:

About Me

New in Spirit Of Beyond

New in Spirit Of Beyond
PAHAM LIBERAL, “PENYERU RAHMAT ADALAH KEPARAT “

Sains and Tech

Sains and Tech
"Smartphone Nokia Terlalu Mahal"

DONASI UNTUK SPIRIT OF BEYOND

DONASI UNTUK SPIRIT OF BEYOND
Cukup klik gambar di atas, anda akan masuk ke situs adf.ly, tunggu 5 detik lalu klik tulisan Skip AD di kanan atas, Tak perlu transfer uang, Gratis

Fans Facebook